Kategori

Rabu, 30 September 2020

Rumah Belajar Sebagai Wadah Berbagi dan Berilmu

Dimasa pandemik ini banyak sekali hal-hal yang terdampak, tidak terkecuali pendidikan.

Sehingga kita diharuskan mencari solusi untuk mengisi kegiatan pembelajaran agar tidak terlalu monoton hanya memberikan tugas.

Lalu, apakah solusinya?

Dimanakah kita bisa menemukan hal yang dapat mendukung semua aktifitas pembelajaran?

Adakah wadah yang bisa menyediakan bahan belajar yang lengkap dan fasilitas pembelajaran yang tidak bisa dilaksanakan karna pembelajaran online?

Sejak awal bulan Maret 2020 para guru dan pendidik dihebohkan dengan belajar tanpa tatap muka. Berbagai cara pun dikerahkan agar tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal. Salah satunya dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar yang bisa di akses dengan membuka website 

https://belajar.kemdikbud.go.id/

 

Apa itu Portal Rumah Belajar?

Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.”

 (Sumber: https://belajar.kemdikbud.go.id/)

 

Terdapat banyak sekali fitur bisa digunakan di Portal Rumah Belajar sebagai sarana untuk berbagai aktifitas pembelajaran jarak jauh, terutama Fitur Sumber Belajar, Fitur Kelas Maya, Fitur Laboratorium Maya dan Fitur Bank Soal.




Selain itu juga terdapat fitur pendukung lainnya seperti Peta Budaya, Buku Sekolah Elektronik, Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, dan Edugame, serta Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan untuk pendidik yang ingin meningkatkan kompetensi TIK yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO.

Dan yang terpenting semua hal ini bisa di dapatkan secara GRATIS.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar